Soal Proyek Kereta Cepat, Ini Kritik Fahri Hamzah

kereta cepat
Foto: Radarindonesianews

intriknews.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, menilai, Presiden Jokowi maupun Meneg BUMN Rini Soemarno, memiliki kesalahan pemikiran terkait rencana pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung buatan Cina. Yang paling terlihat dari kesalahan tersebut adalah kekeliruan memahami makna pasal 33 UUD 45 yang utamanya mengatur tentang perekonomian, pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kepentingan rakyat, dan prinsip nerekonomian Nasional.

“Ada beberapa kesalahan pikiran Presiden Jokowi dan Meneg BUMN Rini Soemarno. Kesalahan pertama adalah kekeliruaan memahami makna pasal 33 yang diturunkan menjadi berbagai UU termasuk didalamnya UU BUMN,” ujar Fahri, Minggu (31/1/2016).

Makna dari pasal 33 ayat 2 yang berbunyi cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara dan pasal 33 ayat 3 yang berbunyi bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, sudah jelas bahwa dalam penguasaan kekayaan negara adalah untuk kesejahteraan rakyat.

“Nah dalam hal ini kerjasama 4 BUMN yang tergabung dalam satu konsorsium dengan perusahaan Cina dalam hubungan Bussines to Bussines atau B to B jelas melanggar pasal tersebut. BUMN itu dibentuk dengan tugas utamanya menyebarkan kesejateraan, menyalurkan kekayaan sehingga rakyat sejahtera. BUMN menjadi semacam pipa yang menyalurkan kesejahteraan pada rakyat. Bisnis yang dilakukan BUMN hanya salah satu metodenya, selebihnya bisa dengan CSR, PKBL dan lain-lain. Itu tugas BUMN. Jadi bukan semata bisnis,” imbuhnya.

Dalam kasus kereta Cina ini, tiba-tiba Presiden Jokowi dan Meneg BUMN Rini Soemarno salah mengartikan pasal 33 ke sebuah nalar, seolah-olah itu hanya bisnis semata yang dituangkan dalam kerjasama B to B. BUMN jelas milik negara, karena negara yang menjamin modal, eksistensi dan semua hal yang terkait BUMN.

“Wika, PP dan HK adalah perusahaan konstruksi yang memiliki banyak asset seperti jalan tol dan gedung Begitu juga dengan PTPN. Kenapa mereka mengambil PTPN, yah karena yang mereka incar adalah asset lahan PTPN. Kesemua asset milik BUMN itu adalah milik negara, kenapa asset yang tidak bernilai harganya itu tidak dihitung dan tiba-tiba kita hanya memiliki hutang kepada perusahaan Cina? Kalau misalnya mereka harus membebaskan lahan bisa mampus mereka, berapa yang harus mereka keluarkan. Lah ini lahan PTPN diambil begitu saja, tidak dihitung, malah kita yang dibilang berhutang pada mereka. Ini kan konyol. Ini cara berpikir yang keliru,” paparnya.

Selain itu menurut Fahri, yang namanya infrastruktur itu kebutuhan masyarakat, dimana prioritas atas pemilihan produknya diputuskan secara independen oleh Negara dan tidak boleh diintervensi. Tapi mengapa dalam kasus kereta cepat ini sepertinya pihak luar, dalam hal ini pihak Cina yang menentukan apa yang mau kita bangung.

“Jokowi sering mengatakan akan mendahulukan pembangunan infrastruktur di luar Jawa untuk mendorong kemajuan ekonomi di daerah lainnya. Lah kok sekarang mau membangun jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung yang infrastrukturnya bisa dikatakan sudah lengkap karena sudah ada kereta api, tol maupun jalan non tol maupun angkutan udara. Jadi apalagi yang mau dibangun? Kan lebih baik membangun jembatan Selat Sunda atau kalau dikatakan itu sulit dilakukan karena geographis tidak mendukung, maka bisa dibangun terowongan bawah laut yang menyambungkan Sumatera dan Jawa. Ini lebih masuk akal. Infrastruktur itu kepentingan bangsa kita. Kita yang menentukan prioritasnya dan bukan pihak asing dengan mendikte apa yang kita perlukan dan yang tidak,” cetus Politikus PKS ini.

Lebih lanjut Fahri menjelaskan, saat ini masih banyak masyarakat di daerah yang menginginkan dan membutuhkan sekedar transportasi yang layak, maka pembangunan kereta cepat ini sungguh melanggar rasa keadilan masyarakat. Kalaupun mau dipaksakan membangun jalur kereta cepat di pulau Jawa, maka kereta cepat Banten-Banyuwangi masih lebih tepat. ”Paling tidak ini akan lebih berguna mendorong pembangunan,” paparnya lagi.

Terkait tudingan bahwa Meneg BUMN tidak lebih dari sekedar pemburu rente, Fahri menegaskan bahwa bangsa ini harus menolak pembangunan kereta cepat tersebut, dan Jokowi sebagai presiden harus bisa menjelaskan ulang prioritas pembangunan infrastruktur.

“Seorang Mantan Pejabat mengatakan pada saya bahwa dia ngeri melihat proyek ini karena ujung-ujungnya bangsa ini pasti dirugikan. Tidak usah jauh-jauh, contohnya ada didepan mata kita yaitu proyek monorail. Proyek itu mangkrat, Negara rugi dan tidak ada yang bertanggungjawab. Sudah mangkrak, mengganggu lalu lintas di Jakarta, uang terbuang percuma dan tidak ada yang bertanggungjawab,” jelasnya.

Terakhir, Fahri pun prihatin dengan kondisi politik dan partai politik saat ini yang tidak berani mengambil langkah untuk menghadapi keputusan-keputusan pemerintah yang ngawur seperti ini.

Fahri pun mendorong Parpol untuk sadar, karena kalau parpol tidak punya strategi untuk mengkritik jalannya pemerintahan seperti yang terjadi saat ini, maka satu hari nanti parpol akan terbangun dan menyesal karena penyimpangan yang terjadi sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

“Jangan sampai parpol nanti dianggap tidak ada gunanya karena rakyat berpikir yang penting stabilitas. Kalau seperti ini maka Negara akan diserahkan kepada kekuatan bersenjata. Makanya saya imbau, parpol harus waspada, DPR harus sadar bahwa mulutnya telah disewa oleh rakyat untuk mengatakan apa adanya,” tandasnya.

Sumber: Harianterbit

0 Response to "Soal Proyek Kereta Cepat, Ini Kritik Fahri Hamzah"

Posting Komentar