Ironi... Jokowi Akan Impor 1 Juta Ekor Sapi. Peternak Lokal Terancam Bangkrut!

Jokowi impor 1 juta ekor sapi rugikan peternak lokal

intriknews.com Jakarta - Pemerintah mengambil langkah terbaru untuk mengatasi masalah kebutuhan konsumsi daging yang terus meningkat serta masalah stabilitas harga dengan menjadikan impor sapi sebagai solusinya.

Dan ternyata strategi impor tersebut masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid IX yang baru saja diumumkan Pemerintahan Presiden Jokowi melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Istana Kepresidenan, Rabu (27/1).

"Kebijakan ini didasari kebutuhan daging sapi dalam negeri yang terus meningkat dari tahun ke tahun," ujar Darmin melalui keterangan yang dilansir CNN Indonesia. 

Tahun 2016, jelas Darmin, kebutuhan daging nasional diprediksi mencapai 674 ribu ton atau setara dengan 3,9 juta ekor sapi. Kebutuhan tersebut, menurutnya, belum dapat dipenuhi oleh peternak dalam negeri mengingat kemampuan produksinya baru sebesar 439,53 ribu ton per tahun atau setara dengan 2,5 juta ekor sapi.

"Jadi terdapat kekurangan pasokan yang mencapai 235,16 ribu ton yang harus dipenuhi melalui impor," ujarnya.

Darmin mengklaim, pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan pasokan atau produksi daging sapi dalam negeri, antara lain dengan meningkatkan populasi, pengembangan logistik dan distribusi, perbaikan tata niaga sapi dan daging sapi, dan penguatan kelembagaan melalui Sentra Peternakan Rakyat (SPR).



0 Response to "Ironi... Jokowi Akan Impor 1 Juta Ekor Sapi. Peternak Lokal Terancam Bangkrut!"

Posting Komentar