#MelawanLupa, Adnan Buyung: Kalau Sudah Begini Bubarkan Saja KPK

Almarhum Adnan Buyung pernah mengusulkan pembubaran KPK

intriknews.com - Almarhum Adnan Buyung Nasution, salah seorang konseptor pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah mengusulkan pembubaran lembaga tersebut. Ini terkait tindakan semena-mena terhadap kliennya, Anas Urbaningrum.

Seperti diberitakan Republika, Selasa (29/04/2014) yang lalu, Bang Buyung mengkritik keras KPK yang dengan arogan memaksa untuk memeriksa Anas padahal tidak ada dalam jadwal sama sekali.

""Memang begitulah rupanya manajemen KPK ini, makanya saya bilang KPK gak boleh lama-lama," kata dia.

Advokat senior itu lantas mendorong pembubaran lembaga antirasuah karena sudah tidak sesuai dengan rencana awal pendirian.

"Itu kan mereka (KPK) rencana mau bikin gedung yang baru. Saya bilang, mudah-mudahan gak sampai terjadi. Keburu kita bubarkan saja KPK ini. Saya dari dulu katakan sudah waktunya dibubarkan," ungkap mantan anggota Wantimpres itu.

Lebih lanjut Adnan mengatakan, KPK didirikan dengan tujuan menjadi trigger dan mendorong pemberantasan korupsi sebagian bagian dari kinerja kepolisian dan kejaksaan.

"Kalau sudah jalan polisi sama jaksa, KPK bubar, mundur, tidak baik ada struktur dalam struktur. Jadi ini kelihatan KPK-nya saja mau membesar, ini struktur dalam struktur," katanya.

Adnan Buyung wafat pada hari Rabu (23/09/2015) di usianya yang ke 81 setelah menjalani perawatan beberapa hari di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan. (ay/republika)

0 Response to "#MelawanLupa, Adnan Buyung: Kalau Sudah Begini Bubarkan Saja KPK"

Posting Komentar