Mantap, 5 Ribu Pasar Bakal Dipercantik

Foto: Menaranews

intriknews.com -  Jakarta - Tahun ini, Menteri Perdagangan Thomas Lembong bakal merealisasikan program revitalisasi pasar. Wajah 5 ribu pasar rakyat bakal dipercantik. Ini merupakan program pendahulunya yakni Rachmat Gobel.

"Soal target revitalisasi 5.000 pasar sebelum 2019, terus dan akan berjalan. Program ini berjalan sesuai target kita 80-90 persen," kata Thomas di Hotel Borobudur, Jakarta Selasa (26/01/2016).

Kata Mendag Tom, panggilan akrabnya, untuk membangun dan merevitalisasi pasar-pasar yang ada di Indonesia, dananya berasal dari dua sumber, yakni pemerintah daerah dan pusat sebesar Rp 2 triliun.

"Dan itu didanai dua bagian alokasi khusus anggaran daerah, dan sebagian pemerintah pusat dan Kemendag," kata Mendag Tom.

Nantinya, tambah Thomas, pasar-pasar tersebut akan mengalami pemugaran dalam sisi bangunan, ataupun bangunan baru dengan konsep yang modern. Sebagian terkoneksi dengan fasilitas yang lain seperti transportasi umum, layanan kesehatan, hingga, kenyamanan dan keamanan yang memadai.

"Tema abad 21 kedalam jaringan pasar di Indonesia khususnya pasar induk bisa terkoneksi dengan baik, fasilitas itu yang akan jadi perhatian saya pribadi tahun ini, begitu juga dengan layout (design)," papar Mendag Tom.

Mendag Tom mengatakan, pembangunan 5.000 pasar rakyat dalam kurun waktu lima tahun, merupakan komitmen pemerintah yang peduli pada ekonomi kerakyatan. Dan, pembangunan ini bukan hanya meliputi fisik pasar saja, tetapi juga pembangunan manajemen pasar.

Sumber: Inilah

0 Response to "Mantap, 5 Ribu Pasar Bakal Dipercantik"

Posting Komentar