Ini Penyakit yang Diderita Budi Anduk Sebelum Wafatnya


intriknews.com - Dunia hiburan Indonesia berduka. Pasalnya komedian unik Budi Anduk wafat di usia 47 tahun akibat penyakit kanker paru-paru yang sudah lama dia derita.

Penyakit kanker paru-paru sendiri saat ini masuk ke dalam jajaran teratas jenis kanker yang siap merenggut nyawa manusia. Berdasarkan data International Agency for Research on Cancer, penyakit ini mayoritas diderita oleh para pria yang sebelumnya menjadi perokok aktif.

Kanker paru-paru sendiri merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel epitelium yang tidak terkontrol di jaringan paru-paru. Pertumbuhan sel ini kemudian berubah menjadi kanker paru primer.

Ada 2 jenis kanker paru primer berdasarkan jenis selnya yaitu kanker paru sel kecil yang biasanya menimpa perokok berat dan penyebarannya yang cepat. Sedangkan jenis yang kedua adalah kanker paru non sel kecil yang walaupun penyebarannya tidak secepat kanker paru sel kecil namun lebih sering terjadi.

Merokok merupakan penyebab utama dari penyakit ini sebab sekitar 80% penyakit kanker paru disebabkan karena kebiasaan merokok. Meski begitu, bukan berarti perokok pasif atau orang yang tidak merokok berisiko kecil untuk terkena penyakit ini. Sebab polusi udara yang semakin memburuk, radiasi, serta menghirup arsenik bisa menjadi penyebab kanker paru.

Pada tahap awal, kanker paru tidak menunjukkan gejala apapun. Namun begitu sel kanker tersebut semakin mengganas, maka muncul gejala utama seperti batuk yang tidak kunjung sembuh hingga berubah menjadi batuk berdarah, kesulitan untuk bernapas, sering lelah, pusing, suara menjadi serak, sulit untuk menelan sesuatu, berat badan yang menurun, hingga bengkak pada muka atau leher. Jika penderita sudah mengalami gejala tersebut, maka bisa dipastikan bahwa sel kanker yang menyebar sudah memasuki stadium yang ganas.

Lantas, bagaimana cara untuk mencegah timbulnya penyakit ini dalam tubuh Anda? well, kuncinya adalah terapkan pola hidup yang sehat dengan cara selalu mengonsumsi makanan sehat dan membuat tubuh tidak menjadi pasif. Kemudian yang terpenting adalah jauhi segala macam faktor penyebab kanker paru seperti merokok serta hindari menjadi perokok pasif. Sebab meskipun Anda tidak merokok secara aktif, racun yang menempel akibat Anda menghirup asap rokok akan menempel di paru-paru Anda dan bisa berkembang menjadi penyakit paru-paru.

Sumber: merdeka

0 Response to "Ini Penyakit yang Diderita Budi Anduk Sebelum Wafatnya"

Posting Komentar