SNMPTN 2016, Kuota Dipangkas, Para Siswa Harus Memperebutkan Kursi yang Terbatas

SNMPTN 2016

intriknews.com - Program penerimaan mahasiswa melalui seleksi jalur masuk SNMPTN 2016 sudah mulai dibuka, Senin (29/2/2016).

Pendaftaran SNMPTN 2016 akan dilangsungkan selama kurang lebih 2 pekan dan ditutup pada tanggal 12 Maret 2016.

Namun masuk jalur SNMPTN ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Untuk mendapatkan kuota SNMPTN 2016, para siswa harus memperebutkan kursi yang disediakan panitia secara terbatas.

Hal tersebut lantaran pihak panitia memutuskan untuk memangkas kuota mahasiswa baru yang mendaftar melalui SNMPTN 2016 yang berbasis nilai rapor.

Pemangkasan kuota mahasiswa baru tersebut diumumkan dalam peluncuran SNMPTN 2016 di kantor Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Senayan, Jakarta.

Rangkaian SNMPTN 2016 dimulai dengan pengisian dan verifikasi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) pada 18 Januari sampai 20 Februari.

Kemudian masa pendaftaran pada 29 Februari – 12 maret. Lalu pencetakan kartu tanda peserta (22 Maret – 21 April), proses seleksi (24 Maret – 8 Mei), dan pengumuman hasil seleksi pada 10 Mei.

Siswa bisa mengakses informasi lebih lengkap yang ada di situs snmptn.ac.id.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan jika tahun lalu untuk mahasiwa baru yang melalui jalur SNMPTN kuotanya minimal 50 persen, kemudian untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 40 persen, dan sisanya untuk ujian mandiri maksimal 10 persen.

Sedangkan tahun ini komposisi itu sudah berubah menjadi 40 persen untuk mahasiswa baru melalui SNMPTN, 30 persen untuk mahasiswa baru SBMPTN, dan 30 persen untuk ujian mandiri.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Mulawarman mengharapkan siswa mampu untuk memlilih prodi yang diminatinya dengan teliti, dan jangan sampai siswa salah memilih prodi yang diajukan dalam jalur SNMPTN.

Dengan cara memilih prodi secara tepat akan memperbesar peluang siswa untuk lusus dari jalur SNMPTN 2016 tanpa melalui tes tulis terlebih dahulu.

“Jadi tidak sembarang memilih universitas dan prodi. Harus dianalisis dan teliti dalam menilai peluang untuk diterima universitas tujuan,” kata dia.

Sumber: Pojoksatu




0 Response to "SNMPTN 2016, Kuota Dipangkas, Para Siswa Harus Memperebutkan Kursi yang Terbatas"

Posting Komentar