Gawat... China Akan Miliki Sawah Seharga 50 Trilyun di Indonesia!

China kuasai sawah 50 trilyun jadi supplier beras
CEO Wufeng menandatangani perjanjian bisnis (img: antara)

intriknews.com Jakarta - Terbukanya peluang investor bagi negara China membuat para pebisnis dari negara itu semakin mudah menguasai lahan di tanah air. Dikabarkan China tengah berupaya membangun lahan persawahan dan proyek pengolahan terpadu pada November mendatang di Indonesia oleh Kelompok agribisnis mereka. Dan dengan modal dana investasi US$ 2 miliar (Rp 20,3 triliun), perusahaan China ini berharap bisa memasuki pasar berkembang di tanah air sekaligus memenuhi pasokan beras dalam negeri.

Seperti dilansir dari Liputan 6 pada Senin (22/7/2013), perusahaan perkebunan China Liaoning Wufeng Agricultural telah menandatangani nota kesepakatan kerja sama dengan Malaysian Amarak Group dan perusahaan lokal Indonesia, Tri Indah Mandiri.

Seperti diketahui, Wufeng merupakan pemodal utama dalam rencana pengembangan dan pengolahan padi dan kedelai di Subang, Jawa Barat, Indonesia. Amarak diketahui berkontribusi sebesar 20% dari investasi awal di tanah air tersebut. Sebuah laporan menyatakan jumlah investasi tersebut bisa berkembang mencapai US$ 5 miliar (Rp 50,8 triliun).

Ma Dian Cheng yang merupakan CEO Wufeng mengatakan, perusahaannya akan segera mendirikan anak perusahaan lokal lain atas nama Wufeng di dalam negeri. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengadaan beberapa fasilitas proses pengolahan beras terpadu dengan Amarak.

Ia mengatakan 80% dari produksi kelompok perusahaan tersebut akan memenuhi pasar Indonesia. Perusahaan tersebut diketahui akan memproduksi cuka dan minyak dari olahan padi.

Setelah ekstraksi minyak, sekam akan dibakar dan bisa menghasilkan listrik untuk keperluan penggilingan padi. Sementara hasi penggilingan padi dengan silika sendiri dapat digunakan untuk manufaktur ban.

"Dengan fasilitas pengolahan kami, tak ada satupun yang terbuang. Kami adalah perintis dari berbagai teknologi di China dan kami ingin berbagi manfaat teknologi tersebut pada Indonesia," jelas Ma.

Ia mengatakan rencananya untuk tinggal di Indonesia dalam waktu lama mengingat investasi agrikultur membutuhkan kesabaran untuk memperoleh return.

"Kami akan tinggal di Indonesia, karena negara ini pun menyambut baik niat kami," ujarnya mantap.



0 Response to "Gawat... China Akan Miliki Sawah Seharga 50 Trilyun di Indonesia!"

Posting Komentar