BMKG: Lokasi Kereta Cepat Jokowi Dekat Sumber Gempa

BMKG sebutkan lokasi kereta cepat Jokowi dekat sumber gempa
ilustrasi kerusakan rel kereta api




























intriknews.com Jakarta - BMKG mengingatkan kepada pemerintah Jokowi bahwa lokasi kereta cepat Jakarta-Bandung berdekatan dengan sumber gempa bumi yaitu sesar aktif dan zona subduksi lempeng Samudera Hindia. Parahnya, risiko gempa bisa mengancam proyek  senilai 5,5 miliar dollar AS tersebut.

mengatakan dalam rekomendasi tersebut, tingkat guncangan gempa bumi yang terjadi di area tersebut, terutama di kilometer 80 sampai 100, bisa menimbulkan dampak signifikan sehingga perlu kajian sesmologi dan ada sistem peringatan dini.

"Ini sudah kami sampaikan kepada mereka (investor kereta cepat)," katanya seperti dilansir Kompas, rabu (3/2/2016).

Walaupun terancam oleh dua kendala serius yang bisa mengganggu proyek, investor proyek kereta cepat tetap tak menyerah.

Direktur Utama PT kereta cepat Indonesia China (KCIC) Hanggoro Budi Wiryawan, mengatakan bahwa setiap kendala di proyek transportasi tersebut masih bisa diperbaiki. Peluang untuk merevisi Peraturan Menteri terkait proyek ini juga masih terbuka.

Ia mengatakan butuh penelitian lebih lanjut rekomendasi BMKG dan dari TNI AU tersebut Jika memang hasil penelitian itu berdampak negatif, KCIC siap merubah trase kereta cepat Jakarta Bandung tersebut.

"Sampaikan ke kami nanti kami direvisi. Tapi ini juga akan merubah yang lain karena perubahan titik akan merubah desain dan pembiayaan," kata Hanggoro.



0 Response to "BMKG: Lokasi Kereta Cepat Jokowi Dekat Sumber Gempa"

Posting Komentar