Paket Ekonomi Gagal, Tingkat Kepercayaan Investor Anjlok!

Kekacauan ekonomi di era Jokowi membuat investor hilang kepercayaan

intriknews.com Jakarta - Kekacauan di bidang ekonomi yang terjadi di rezim Joko Widodo (Jokowi) membuat tingkat kepercayaan investor dan pebisnis Eropa untuk berinvestasi di Indonesia anjlok seketika. Kepercayaan para investor untuk berinvestasi anjlok 21%, dari 71% pada 2014 lalu, menjadi 50% pada periode survei November 2015 hingga Januari 2016.

“Faktor iklim investasi, kebijakan fiskal dan kondisi politik yang kurang mendukung, menjadi penyebabnya,” ungkap Ketua Kamar Dagang Inggris (Britcham), Adrian Short, saat melaporkan hasil jajak pendapat yang dilakukan organisasinya bersama Kamar Dagang Eropa (Eurocham), seperti dilansir Pikiran Rakyat di Jakarta, Rabu (3/2/2016) sore.

Dari faktor kendala yang dihadapi, dari 170 investor Eropa yang diwawancarai oleh Britcham dan Eurocham, mayoritas menyebut regulasi, birokrasi dan kebijakan ketenagakerjaan sebagai ‘masalah terbesar’ saat berinvestasi di Indonesia.

Fakta tersebut sangat menarik, dikarenakan sejak September 2015 lalu, pemerintah Indonesia sebenarnya telah mengeluarkan sembilan paket kebijakan ekonomi yang difokuskan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Akan tetapi, lebih dari separuh investor menilai “tidak yakin paket-paket kebijakan ekonomi tersebut akan diterapkan dengan tepat”.

Munculnya ketidakyakinan dari para investor, Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) mengklaim, meskipun butuh waktu, paket-paket kebijakan ekonomi akan memperbaiki iklim investasi karena berfokus memotong regulasi dan birokrasi panjang, yang selama ini menjadi momok.

Untuk semakin menarik investor asing, BKPM sedang mengurangi daftar negatif investasi, yang diharapkan rampung pada Maret 2016.

“Yang baru diputuskan, sekarang asing bisa 100% memiliki e-commerce, bioskop, pembuatan dan distribusi film, serta pembangkit tenaga listrik panas bumi di atas 10 megawatt,” ujar Kepala BKPM, Franky Sibarani, pada hari Rabu (3/2).



0 Response to "Paket Ekonomi Gagal, Tingkat Kepercayaan Investor Anjlok!"

Posting Komentar