Jadi Mahasiswa, Keterampilan Akademis Saja Tidak Cukup, Kamu Juga Harus Asah Soft Skill Ini!


intriknews.com - Di zaman yang semakin global ini, keterampilan akademis saja tidak cukup. Banyak soft skill lain yang wajib dipelajari dan dikuasai agar dapat menjadi bagian dan berkompetisi di kancah dunia.

Penguasaan soft skill ini terutama akan sangat terasa manfaatnya di dunia kerja. Soft skill dipercaya turut berperan penting dalam menentukan keberhasilan pada karier yang dijalani seseorang.

Nah, sebagai persiapan, berikut ini soft skill yang bisa membantumu menjadi mahasiswa yang sangat kompeten di zaman yang semakin global.

Apresiasi Budaya

Kita harus bisa melihat bahwa budaya Tanah Air merupakan sebuah kekuatan. Tetapi di saat yang sama, berusaha mempelajari dan memahami budaya orang lain, menyadari persamaan dan perbedaan antarbudaya serta memahami bahwa perilaku dan nilai-nilai bertalian erat dengan kebudayaan.

Evaluasi Informasi

Kita harus bisa mengevaluasi setiap informasi yang didapatkan. Tidak serta-merta menerima, kita harus bisa mendapat pemahaman lebih mendalam dan menyeluruh tentang informasi tersebut.

Kemampuan Komunikasi Lintas Budaya

Mampu berkomunikasi dengan baik saja tidak cukup. Kita perlu memiliki kemampuan komunikasi lintas budaya dengan memahami beragam latar belakang lawan bicara, termasuk menguasai komunikasi dalam bahasa asing.

Perspektif

Kita juga harus mampu menunjukkan rasa ingin tahu, empati dan perasaan terhadap perspektif orang lain.

Rendah Hati

Tingginya ilmu yang kita miliki tidak ada apa-apanya tanpa kerendahan hati. Dunia ini begitu besar dan kompleks serta memiliki amat banyak hal yang dapat dipelajari.

Berpikir Berbeda

Kemampuan berpikir terbuka dan mencari solusi dari berbagai sudut pandang juga amat penting.

Melek Teknologi

Di era global, kita harus bisa memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dan berbagi ide dengan orang lain.

Sumber: Okezone

0 Response to "Jadi Mahasiswa, Keterampilan Akademis Saja Tidak Cukup, Kamu Juga Harus Asah Soft Skill Ini!"

Posting Komentar