Gawat... Subsidi Listrik Dicabut, 23 Juta Rumah Akan Dinaikkan Dayanya. Netizen: Gak Usah Ngomong Soal Subsidi Segala Masyarakat Sudah Gak Percaya Bro!

jokowi pln subsidi listrik dicabut


intriknews.com Jakarta - PT PLN (Persero) akan menyisir 23 juta pelanggan listrik rumah tangga golongan 450 dan 900 volt ampere (VA). Hal ini diperintahkan oleh negara dan diberi waktu 2 bulan. Dikarenakan pelanggan tersebut dianggap tidak layak menerima subsidi listrik.

Ini merupakan pekerjaan besar bagi BUMN listrik ini. Pasalnya sebelum 1 Januari 2016, 23 juta rumah tersebut harus dinaikkan dayanya dari semula 450-900 VA menjadi minimal 1.300 VA. Golongan 1.300 VA tarifnya tidak disubsidi oleh pemerintah.

Menaikkan daya menjadi 1.300 VA memang hanya perlu mengganti alat pembatas yang namanya Mini Circuit Breaker (MCB). Namun petugas PLN harus mendatangi jutaan rumah dan mengganti MCB dalam waktu 2 bulan.

"Hanya perlu ganti alat MCB, yang semula 2 ampere untuk 450 VA atau 4 ampere untuk 900 VA, menjadi 6 ampere untuk 1.300 VA," kata Kepala Divisi Niaga PLN, Benny Marbun, seperti dilansir detik, Selasa (27/10/2015).

Benny mengakui, PLN tentunya khawatir, selain waktunya yang mepet hanya 2 bulan, petugas PLN harus mendatangi rumah yang akan dicabut subsidi listriknya. Hal ini yang ditakutkan yakni, pemilik rumah tak berkenan MCB-nya diganti.

"Ya kami khawatir lah, hal ini menimbulkan konflik. PLN berharap DPR dan pemerintah turun memberi pemahaman kepada masyarakat. Karena, langkah ini toh atas perintah dari DPR, dan penugasan dari pemerintah," katanya.

Rencana penaikan daya ini mendapat respon yang keras dari netizen yang mengganggap langkah tersebut bukanlah hal yang tepat.

"Perbaikin dulu daya listrik naik turun dah kayak sepeda ontel !!! Udah bayar mahal terus tegangan naik turun", ujar akun bernama Paul Maroon.

"Kalau pemerintah/ PLN pingin untung lebih banyak lantaran gak punya duit untuk memenuhi janji angin sorga gak usah ngomong soal subsidi segala masyarakat sudah gak percaya bro ! jadi mending terus terang aja", ujar Soerjoadji.

"Inget PLN selama ini anda tu gratis pasang tiang listrik ditanah masyarakat dr jaman soeharto smp jaman jokowi. Klo subsidi d tarik anda tu hrs kontrak tanah maayarakat yg dipasang tiang listrik." ujar akun bernama Emengbelek.

0 Response to "Gawat... Subsidi Listrik Dicabut, 23 Juta Rumah Akan Dinaikkan Dayanya. Netizen: Gak Usah Ngomong Soal Subsidi Segala Masyarakat Sudah Gak Percaya Bro!"

Posting Komentar