Ada Agenda Terselubung Jokowi Dalam Proyek Tol Laut?

Tol laut jokowi untungkan cina
Jokowi dan Presiden China

intriknews.com Jakarta - Program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperkuat maritim Indonesia dengan membangun tol laut diduga memiliki agenda terselubung. Dugaan itu diutarakan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Maritime Institute (IMI) Yulian Paonganan. Ia menyebut poros maritim jadi kelanjutan agenda terselubung dari jalur sutra maritim negara China.

Jalur tersebut, lanjutnya, merupakan jalur yang disiapkan China untuk menghidupkan kembali rute perdagangan. Jalur sutera maritim China akan menghubungkan pelabuhan Tiongkok ke perairan Samudra Hindia, Teluk Persia, Laut Merah hingga Teluk Aden.

Menurutnya, fatal jika poros maritim Indonesia terhubung dengan jalur sutera maritim China. Dampak dari kebijakan poros maritim yang bersambungan dengan jalur sutera cukup besar.

"Indonesia akan dibanjiri produk China, sekarang bisa dilihatlah belum mulai saja kita sudah kebanjiran (produk China) apalagi kalau diberi akses yang seluas-luasnya," ujarnya seperti dilansir Okezone di Jakarta.

Serbuan produk asal China juga bisa mematikan industri dalam negeri. Seperti diketahui, barang asal China terkenal lebih murah dibandingkan dengan harga barang dari negara lain.

0 Response to "Ada Agenda Terselubung Jokowi Dalam Proyek Tol Laut?"

Posting Komentar