Oprah Winfrey Show talks about Islam


Introduction to Islam | Oprah Winfrey Show
Diterbitkan tanggal 26 Okt 2015

Kutipan video:
(Pembicara adalah Varun Soni, dekan fakultas keagamaan di Universitas Southern California, USA)

ISLAM adalah agama terbesar kedua di dunia, memiliki lebih dari 1,5 milyar pengikut. ISLAM adalah agama transnasional, pengikut ISLAM tersebar di hampir semua negara di seluruh dunia, dan banyak negara berpenduduk mayoritas muslim.

ISLAMA secara bahasa berarti penyerahan diri, jadi muslim melihat diri mereka sebagai makhluk yang merendahkan diri pada Tuhan. Dan bagi muslim, penyerahan diri pada Tuhan menciptakan rasa kesetaraan.

Buku tersuci umat islam, Al Quran, yang dipercaya oleh orang-orang ISLAM sebagai perkataan langsung dari Tuhan, yang diberikan pada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Dan meskipun muslim meyakini bahwa garis kenabian dalam Kristen dan Yahudi adalah penting, nabi terpenting adalah nabi terakhir yaitu Muhammad.

Muhammad membawa konsep monoteisme yang sebelumnya pernah dikenal dalam agama kristen pada masyarakat arab sekitar 1400 tahun yang lalu.

Salah satu konsep yang paling sering salah dimengerti adalah jihad, yang banyak diartikan sebagai perang suci bersenjata. Kata "jihad' sesungguhnya adalah pertarungan, pertentangan dalam diri kita untuk memilih patuh terhadap ajaran agama.

Untuk menggambarkan bagaimana kehidupan sehari-hari umat Islam, perlu memahami konsep 5 pilar (rukun) Islam, sebuah pemikiran yang diimani oleh umat Islam diseluruh dunia.

Yang pertama adalah syahadat, yaitu pernyataan beriman tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Tuhan.

Yang kedua adalah solat, atau ritual berdoa yang dilaksanakan minimal 5 kali sehari menghadap ka'bah di Mekkah, tempat tersuci dalam agama islam.

Yang ketiga adalah berzakat, yaitu pemberian sedekah pada orang-orang miskin, dimana persentase tertentu dari penghasilanmu akan diberikan untuk filantropi.

Yang keempat adalah puasa ramadhan, atau berpuasa sebulan penuh. Bulan tersebut (Ramadhan) berubah setiap tahun (dalam perhitungan kalender umum), berdasarkan penanggalan berbasis bulan (lunar calendar). Bagi orang-orang Islam, mereka berharap melalui disiplin dalam berpuasa mereka dapat mengikuti tuntunan-tuntunan lain dalam agama mereka, dalam cara yang sama-sama disiplin dan mengabdi (menyerahkan diri).

Kelima adalah haji, dimana keinginan untuk melaksanakan ziarah ke Mekkah setidaknya sekali seumur hidup.

Melalui kelima pilar ini, kita dapat melihat suatu rasa persatuan (komunitas ) antara muslim global/seluruh dunia, sebuah rasa berbagi pengalaman, pengalaman yang menghubungkan muslim diantara benua.

[VIDEO]
https://www.youtube.com/watch?v=wgP_OSOS3IA


Sumber: http://ift.tt/1N1NCJB




0 Response to "Oprah Winfrey Show talks about Islam"

Posting Komentar