Selain Jadi Bumbu Masakan, Inilah Beragam Manfaat Serai

manfaat serai
Foto: Myessential8

intriknews.com - Serai adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai bumbu, sebagai tanaman hias, minuman kesehatan atau minyak aroma terapi. serai memiliki rasa dan aroma yang khas. Serai secara tradisional digunakan untuk obat dan terapi.

Serai memiliki sifat obat yang termasuk analgesik, anti-inflamasi, anti-depresan, antibakteri anti-kanker dan sifat antijamur. Berikut manfaat serai bagi kesehatan:

Memperbaiki mood

Serai adalah obat antidepresi dan memiliki efek memicu semangat dengan meningkatnya serotonin di otak yang berfungsu memperbaiki mood sehingga Anda merasa lebih tenang dan membantu mengurangi kecemasan.

Mengatasi hidung tersumbat

Serai dapat digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat. Dengan bekerja meningkatkan kekebalan tubuh oleh tingginya kandungan Vitamin C yang terkandung pada serai.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Senyawa yang terkandung dalam serai berkerja menurunkan kolesterol, juga melancarkan sirkulasi peredaran darah, mencegah penyumbatan di jantung.

Menjaga kesehatan otak

Serai jika dikonsumsi  dapat mencaga dan meningkatkan kinerja otak, mencegah insomnia serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Serai juga memiliki efek menenangkan dan meningkatkan kerja sistem saraf.

Mengobati rasa nyeri

Serai mampu mengobati nyeri dan otot kaku. Serai juga dapat meringankan kondisi seperti arthritis, asam urat, sakit gigi dan peradangan pada saluran kemih, mengurangi kram saat menstruasi.

Melancarkan sistem pencernaan

Membantu mengobati gangguan pencernaan dan sembelit. Membersihkan usus dan saluran kemih.

Mencegah kanker

Serai sebagai sumber antioksidan berfungsi membunuh sel-sel penyebab kanker tanpa merusak sel-sel baik di dalam tubuh lainnya.




0 Response to "Selain Jadi Bumbu Masakan, Inilah Beragam Manfaat Serai"

Posting Komentar