Beginilah Adab Seorang Muslim Ketika Makan


intriknews.com - Jika kita mengamati dan mengikuti pola makan Rasulullah Saw, maka kita akan mendapati tiga aspek diantaranya faidah, kenikmatan dan penjagaan terhadap kesehatan. Misalnya beliau menghindari makan dengan berlebihan, makan sambil tertawa dan cara makan yang tidak sehat lainnya.

Berikut ini beberapa tata cara dan adab makan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw:


  1. Membaca Basmalah sebelum makan
  2.  Duduk dengan baik tegap dan tidak menyandar, karena hal itu lebih baik bagi lambung sehingga makanan akan turun dengan sempurna. Dan Rasulullah Saw telah melarang kita untuk makan sambil bersandar.
  3.  Mencuci tangan sebelum makan
  4.  Menggunakan tangan kanan
  5. Bersikap sederhana dan tidak berlebih-lebihan ketika makan
  6. Memulai makan dari yang dekat dan tidak memenuhi mulut dengan makanan yang banyak
  7. Tidak banyak bicara ketika sedang makan
  8. Disunnahkan makan secara berjamaah dan tidak berpencar sendiri-sendiri, karena dengan berjamaah akan mempererat persaudaraan dan menyebabkan turunnya barokah pada makanan kita.
  9.  Ketika makan berjamaah dalam suatu tempat makan maka jangan mengembalikan apa yang tersisa ditangan ketempat makan, akan tetapi ambilah suapan yang sedikit hingga tidak bersisa
  10. Tidak mengeluarkan suara keras ketika mengunyah makanan, karena hal itu mengganggu orang lain.
  11. Jangan mengawasi dan melihat-lihat orang yang sedang makan, karena hal itu mengganggu perasaan mereka, dan mengurangi selera makan.
  12. Tidak menyisakan makanan dipiring, bahkan kita dianjurkan untuk membersihkan tangan dan jari-jari dengan mulut ketika selesai makan, dan jika ada makanan yang jatuh supaya dipungut dan dibersihkan kemudian dimakan.
  13. Membaca hamdalah dan doa setelah makan
  14. Mencuci tangan setelah makan

Inilah beberapa tuntunan Rasulullah Saw ketika makan dan minum, semoga kita bisa mengikuti petunjuk dan mengikuti jejaknya.

0 Response to "Beginilah Adab Seorang Muslim Ketika Makan"

Posting Komentar