Panduan Shalat Gerhana Matahari

Foto: Islamiconlineuniversity

intriknews.com - Peristiwa gerhana pernah terjadi di zaman Rasulullah bertepatan dengan wafatnya putra Rasulullah bernama Ibrahim.

Kala itu para sahabat mengira gerhana tersebut ada kaitannya dengan meninggalnya sang putra, namun Rasulullah SAW mengatakan peristiwa tersebut merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Kemudian Rasulullah SAW memerintahkan untuk melaksanakan shalat sunat dua rakaat, yang disebut dengan shalat kusyuf sebagai kesyukuran.

Shalat ini berbeda dengan shalat sunat yang lain. Shalat ini dilakukan juga agar kita semua memohon agar keburukan yang terkandung dari terjadinya gerhana tidak menimpa kita. Hukum Shalat gerhana matahari sama seperti gerhana bulan yakni sunnah mu'akkad.

Tata cara shalat gerhana dan jumlah rakaatnya mencakup beberapa hal berikut:

1. Tidak ada adzan maupun iqamat untuk shalat gerhana

Para ulama sepakat bahwa shalat gerhana tidak dikumandangkan azan maupun iqamat. Yang dianjurkan adalah cukup dengan menyerukan kalimat,

"Ash-Shalaatu Jaami'ah."

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr ra., ia mengatakan,

"Ketika terjadi gerhana matahari dizaman Rasulullah Saw, diserukanlag, 'Innash shalaata jaami'ah'
(HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Jumlah raka'at shalat gerhana

Shalat gerhana dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan dua kali ruku' pada masing-masing rakaatnya.


3. Dikeraskannya bacaan dalam shalat gerhana

Bacaan shalat gerhana dikeraskan sebagaimana yang telah dikerjakan Nabi Muhammad SAW. Dari Aisyah ra ia berkata Nabi Saw mengeraskan bacaan (surah) beliau pada saat gerhana. Setelah beliau selesai menyelesaikan bacaannya, beliau bertakbir lalu ruku'. Dan jika bangun dari ruku' tadi, beliau mengucapkan,

'Sami'aLlaahu liman hamidah, Rabbana wa lakak hamdu.'

Kemudian pada shalat gerhana itu, beliau pun kembali membaca (surah) hingga berjumlah 4 (empat) kali ruku' dalam 2 (dua) rakaat, dan 4 (empat) kali sujud." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

4. Dikerjakan secara berjamaah.

Jumhur ulama berpendapat disunnahkan mengerjakan shalat gerhana secara berjamaah.




0 Response to "Panduan Shalat Gerhana Matahari"

Posting Komentar