Matikan Lampu Saat Tidur, Ini Manfaatnya!

Foto: Jointessential

intriknews.com - Tidur dengan lampu terang mungkin sebagian dari anda akan membuat nyaman, ataupun sebaliknya kebanyakan dari anda kesulitan tidur pada saat lampu menyala hal tersebut dikarenakan pada saat menutup mata cahaya dari lampu kamar tidur anda menembus kelopak mata anda, meskipun mata Anda telah dalam keadaan tertutup.

Dan ternyata jika tidur dalam ruangan gelap akan membuat lebih baik karena dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, hal tersebut sudah disarankan oleh para ahli biologi. Di dalam tubuh manusia terdapat hormon Melatonin merupakan hormon yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Hormon Melatonin tidak akan berproduksi jika tidur dengan adanya cahaya lampu pada saat malam hari. Jadi sebaiknya untuk memberikan manfaat tidur lampu gelap dapat membantu metabolisme oleh hormon Melatonin dengan tidur di ruangan gelap atau mematikan lampu sebelum tidur pada malam hari.

Berikut adalah 5 Manfaat Tidur di Ruangan Gelap :

1. Hormon Melatonin
Hasil penelitian para ahli biologi seperti Joan Robert menjelaskan bahwa pada saat tidur di dalam keadaan lampu yang mati, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Namun pada saat Anda tidur dengan lampu menyala pada saat anda tidur mala hari, maka tubuh Anda tidak akan memproduksi hormon Melatonin. Jadi Anda sangat disarankan untuk mematikan lampu pada saat malam hari.

2. Tidur Lebih Cepat Terlelap
Selain dapat membantu tubuh Anda untuk bisa memproduksi hormon Melatonin, ternyata manfaat mematikan lampu pada saat malam hari juga bisa membuat Anda akan tidur lebih cepat terlelap. Sehingga secara tidak langsung bisa membuat tubuh anda lebih segar dan sehat pada saat Anda bangun di pagi harinya. Dan ini bisa mencegah anda untuk tidak mudah lesu dan letih di saat siang hari.

3. Meningkatkan Kinerja Otak
Selain tidur lelap pada saat gelap ternyata tidur dalam gelap secara tidak langsung bisa mengurangi pikun pada saat anda usia lanjut. Selain itu juga bisa menghilangkan stress dikarenakan bisa merelaksasikan pikiran pada saat berada di dalam ruangan gelap. Hal ini bisa dikajikan sebagai salah satu cara untuk meditasi ringan yang bisa mensteabilkan emosi dan juga pikiran Anda.

4. Mengurangi Risiko Global Warming
Disamping dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dengan mematikan lampu di malam hari bisa membantu untuk mengurangi risiko akan terjadi global warming atau pemanasan global. Dengan penggunaan energi listrik pada saat malam hari lebih besar akan berdampak terjadinya global warming, dan juga dengan mematikan lampu pada saat malam hari anda juga akan menghemat biaya tagihan listrik di rumah anda.

5. Dapat Mengurangi Lemak
Selain manfaat yang disebutkan di atas ternyata tidur pada saat gelap bisa mengurangi lemak dalam tubuh dan bisa menghindarkan Anda dari risiko obesitas atau kegemukan.

Sekian pembahasan mengenai 5 Manfaat Tidur di Ruangan Gelap, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan para pembaca, mulailah dari sekarang untuk hidup lebih sehat dan hindarilah gaya hidup yang tidak sehat.

Sumber: Viva



0 Response to "Matikan Lampu Saat Tidur, Ini Manfaatnya!"

Posting Komentar