Hahaha... Nahdloetul Oelama (NO) Smoking Area, Kelakar Warga Nahdliyin Tentang Budaya Merokok di Muktamar NU


intriknews.com Jombang - Beberapa peserta Muktamar NU merokok dan seolah tak peduli dengan ruangan muktamar yang sudah dipasangi AC berukuran besar yang diletakkan di beberapa sudut ruangan. Asap rokok mengepul pekat di ruangan tenda tertutup arena Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 saat sidang pleno berlangsung di alun-alun Kota Jombang, Minggu (2/8/2015) semalam.

Dari mereka para perokok ini tidak segan-segan merokok di ruangan utama sambil berhadapan dengan pimpinan sidang di forum terhormat terhormat. Ada juga dari perokok pindah ke sebelah ruangan utama yang ada di sisi kiri dan kanan jika ingin merokok.

Merokok sepertinya menjadi tradisi yang sulit dihilangkan dari warga Nahdliyyin. Bahkan Tribun sempat mendapati Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj, mengisap rokok setelah turun dari podium para pimpinan sidang.

Sepertinya merokok menjadi hal yang lumrah meski tidak semuanya merokok. Bahkan salah seorang peserta muktamar yang tak mau disebutkan namanya berkelakar tentang budaya merokok warga Nahdliyyin.
"NU Smoking yang NO Smoking bukan NU," kata Muktamir tersebut seperti dilansir Tribunnews.

Jika melihat tempat-tempat tertentu yang tertempel tulisan “NO SMOKING AREA”, bagi orang NU, tulisan tersebut bukan berarti larangan untuk tidak boleh merokok, melainkan mempunyai arti Nahdloetul Oelama (ejaan lama) Smoking, atau area merokok kaum nahdliyin.

Memang tidak didapati larangan merokok yang lazim bertuliskan No Smoking di hampir semua arena muktamar. Di penginapan di pondok pesantren bahkan di area dekat Ndalem Kasepuhan juga tak ada tanda larangan merokok.


(mr)

0 Response to "Hahaha... Nahdloetul Oelama (NO) Smoking Area, Kelakar Warga Nahdliyin Tentang Budaya Merokok di Muktamar NU"

Posting Komentar