Turki, Negara Dermawan di Dunia


Turki masuk sebagai salah satu negara yang paling banyak memberikan bantuan ke negara lain. Lebih dari 40 negara di dunia telah merasakan bantuan dari Turki.

Kantor Berita Turki Anadolu Agency melaporkan, bantuan kemanusiaan yang diberikan Turki itu seperti bantuan untuk mengatasi dampak bencana alam maupun perang. Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Turki itu seperti mendirikan 25 pusat pemukiman sementara bagi ribuan pengungsi Suriah yang mengungsi ke Turki. Jumlah bantuan yang telah digelontorkan untuk membantu warga Suriah sejak April 2011 itu mencapai $ 5,6 milyar US dollar.

Selain itu, Turki juga telah membantu membuat tiga pusat perumahan di Irak utara. Kemudian setelah gempa 9,0 SR dan tsunami menimpa Jepang pada tahun 2011, Turki memberikan bantuan kemanusiaan senilai 2,5 juta lira untuk negara tersebut.

Bantuan kemanusian Turki senilai 456 juta lira juga diberikan ke Somalia sejak 2011. Sedang jumlah bantuan kemanusiaan yang dikirim ke Gaza mencapai $ 8,3 juta sejak Juli 2014. Bantuan kemanusian juga diberikan pada Nepal yang mengalami gempa di bulan April 2015.

Turki berada dalam peringkat ketiga dalam daftar negara yang paling besar memberikan bantuan kemanusiaan internasional pada tahun 2012 dan 2013. Pada tahun 2014, Turki memberikan bantuan kemanusiaan senilai 1,15 juta lira untuk Myanmar, dan bantuan sebanyak 1,16 juta lira digunakan dalam proyek bersama UNICEF.

Menurut laporan Global Humanitarian Assistance tahun 2013, lima negara yang paling sering memberikan bantuan kemanusiaan adalah Amerika Serikat dengan $ 3,8 milyar, diikuti lembaga-lembaga Uni Eropa ($ 1,9 milyar), Inggris ($ 1,2 milyar), Turki ($ 1,0 miliar) dan Swedia dengan $ 784 juta.

Sementara, negara-negara yang paling banyak menerima bantuan dari Turki adalah Bangladesh, Ethiopia, Pakistan, Somalia, Bosnia Herzegovina, Yaman, Afghanistan, Palestina, Irak dan negara lainnya.

Sumber: fimadani.com




0 Response to "Turki, Negara Dermawan di Dunia"

Posting Komentar