Inilah Sosok Menteri Berhijab Pertama di Turki

Aysen Gurcan (Menteri Sosial dan Keluarga Turki)

intriknews.com - Turki kembali membuat sejarah baru, seorang wanita Muslim berjilbab telah resmi ditunjuk sebagai menteri berjilbab pertama di negara sekuler itu, seperti dilaporkan AFP Sabtu, (29/8).

Aysen Gurcan, seorang akademisi berumur 52 tahun telah diangkat menjadi menteri yang bertanggung jawab pada kebijakan bidang Sosial dan Keluarga dalam pemerintahan sementara Perdana Menteri Ahmet Davutoglu yang akan menjalankan tugasnya sampai dengan 1 November sebelum akhirnya kembali diakannya pemilu.

Gurcan, seorang ibu dari tiga anak sebelumnya menjabat sebagai anggota dewan Yayasan Pemuda dan Pendidikan (TURGEV) dikutip dari laman On Islam, Minggu (30/8).

 Diketahui Jilbab yang merupakan pakaian wajib dikenakan oleh muslimah selama ini di Turki dilarang untuk digunakan di tempat-tempat umum seperti universitas, sekolah dan di lingkungan pemerintahan.

Elit sekuler Turki, para jenderal, hakim dan rektor universitas, kukuh menentang meringankan larangan jilbab.Kemudian pada tahun 2008, Partai Keadilan dan Pembangunan Erdogan (AK) melewati perubahan konstitusi dengan mengurangi pembatasan jilbab di universitas.

Kemudian pada bulan November 2012, Turki telah mencabut larangan mengenakan jilbab di sekolah-sekolah Islam yang telah berlaku selama puluhan tahun. 

0 Response to "Inilah Sosok Menteri Berhijab Pertama di Turki"

Posting Komentar