Urin Sering Keluar Tanpa Disadari, Ini Penjelasannya

penyakit suka ngompol

intriknews.com -  Masalah urin dikenal dengan nama inkontinensia merupakan permasalahan yang sering dianggap remeh. Memang inkontinensia tidak berakibat buruk seperti penyakit berat, tapi sering membuat tidak nyaman.

Inkontinensia merupakan salah satu gangguan dalam sistem urin yang menyebabkan kesulitan dalam membuang air kecil. Hal ini biasanya karena pelemahan otot-otot kandung kemih.

Menurut dokter spesialis Urologi Nugroho Budi Utomo, SPU, ciri-ciri penyebab inkontinensia biasanya terlihat dari urin yang sering kali keluar tanpa dikehendaki atau disadari. Tiba-tiba saja celana sudah basah dan berbau pesing.

Inkontinensia pun dapat dikategorikan menjadi tiga tipe, pertama overflow. Kondisi ini menunjukkan jika urin sudah terlalu penuh, gejalanya rasa tidak puas setelah kencing sebab urin hanya keluar sedikit.

Tipe berikutnya dikenal sebab stres, atau bentuk-bentuk pergerakan yang membuat peningkatan tekanan dalam perut. Kegiatan seperti batuk, tertawa, atau bersin dapat membuat urin keluar dengan sendirinya.

Kemudian, urge atau ditandai oleh ketidakmampuan seseorang menunda berkemih (ingin membuang urin) setelah sensasi berkemih muncul. Hal ini disebabkan otot kandung kemih sudah tidak stabil. Biasanya masalah urin ini terjadi pada lanjut usia.

Senam Kegel bantu Cegah Inkontinensia

 Wanita yang sudah sering melahirkan dengan bayi yang besar memiliki risiko terkena inkontinensia lebih besar. Faktor tersebut bisa dihindari dengan cara senam kegel.

Senam kegel sering diarahkan sebagai senam untuk persiapan seks lebih baik, padahal manfaat sesungguhnya untuk menguatkan otot dasar tulang panggul. Hal ini berefek pada pengencangan yang akan membuat saluran urin kencang kembali.

"Ini memang sekarang diidentikkan untuk wanita yang bisa lebih memuasakan untuk melakukan hubungan intim, padahal efeknya banyak," kata dokter spesialis urologi, Nugroho Budi Utomo.

Dalam latihan senam kegel hal yang mendapatkan perhatian pada otot dasar panggul Pubococcygeus (PC). Pubococcygeus sendiri merupakan otot yang sama seperti saat menahan kencing.

Keuntungan lain pun, biasanya dengan senam ini akan mempermudah jalan lahir. Sehingga ketika melahirkan, calon ibu tidak perlu mengejan terlalu berat yang juga bisa menimbulkan inkontinensia.

Sumber: Republika

0 Response to "Urin Sering Keluar Tanpa Disadari, Ini Penjelasannya"

Posting Komentar