Rencana Pembelian Heli Impor Jokowi Banjir Kritikan. Netizen: Jangan Kampanye Doang Pilih Produk Lokal!

heli jokowi impor anti produk lokal

intriknews.com Jakarta - Ilham Akbar Habibie yang merupakan Komisaris PT Regio Aviasi Industri, produsen pesawat lokal, menyayangkan rencana TNI AU RI membeli helikopter berjenis ‎Agusta Westland AW-101 buatan Italia sebagai operasional eksklusif Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Ini bukan soal kualitas karena kualitas memang harus sama. Tapi ini soal prinsip," ucap Ilham, putra dari BJ Habibie itu, seperti dilansir Liputan 6 pada Kamis (26/11/2015).

Ia lebih mendukung Presiden Jokowi dan Wapres JK untuk menggunakan helikopter Made in Bandung, milik PT Dirgantara Indonesia (Persero). Badan usaha milik negara (BUMN) ini merekomendasikan helikopter antipeluru tipe EC-725 Cougar sebagai kendaraan VVIP Presiden dan Wapres.

"Saya sih oke (EC-725). Saya selalu pro-produk dalam negeri. Kalau bisa dibeli di dalam negeri," kata Ilham.

Kepala Dinas Penerangan TNI-AU Marsma Dwi Badarmantyo menjelaskan, Agusta Westland AW-101 ini dibeli untuk menggantikan helikopter jenis Super Puma yang selama ini digunakan untuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) jika berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia.

Agusta Westland adalah perusahaan pembuat beberapa jenis helikopter yang berbasis di Italia. Perusahaan ini merupakan bentuk dari joint venture antara Italia dan Inggris.

Dwi menambahkan AW-101 buatan Italia ini dipilih‎ setelah melalui beberapa proses seleksi yang dilakukan TNI-AU. AW-101 dianggap memiliki kemampuan yang mumpuni untuk pengamanan kelas VVIP. Selain itu, tipe tersebut diklaim juga lebih nyaman.

Rencana pembelian heli impor ini juga mendapat kritikan keras dari netizen di dunia maya.

"Sudah kereta cepat beli di negara China dah jelas Jepang yang aman dan bagus, malah helikopter beli import dah tau di Bandung jg BUMN bisa buat.. makanya jangan kampanye doank pilih produk lokal...kenyataanya revolusi mental bobrok.." ujar netizen yang bernama Mromly.

"Pemerintah mengatakan Cintai lah Produk Indonesia, tapi kenyataannya pemerintah malah bertolak belakang. Kan bisa aja helikopter buatan anak bangsa dibuat lebih canggih, asal pemerintah mau membiayainya. Kami rakyat kecil ini, brharap pemerintah jangan lah jadi pemimpin yang munafik." ujar Aya Wijaya di akun media sosialnya.

0 Response to "Rencana Pembelian Heli Impor Jokowi Banjir Kritikan. Netizen: Jangan Kampanye Doang Pilih Produk Lokal!"

Posting Komentar