Pekerjaan Ini Bikin Otak Tetap Sehat Sampai Usia Lanjut

arsitektur

intriknews.com - Jurnal Neurology menunjukkan bahwa ada jenis pekerjaan yang bikin otak tetap sehat hingga tua. Diantaranya ialah ahli bedah, petugas pengawas hukuman percobaan, pengacara, psikoterapis, desainer grafis, arsitek, dan wartawan.

Ya, pekerjaan yang bikin otak tetap sehat hingga tua ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di Skotlandia University of Edinburgh. Penelitian tersebut menguji kemampuan kognitif, memori dan kecepatan pemrosesan, baik dalam hal pekerjaan yang berkaitan dengan data maupun cara berinteraksi pada orang-orang.

Selanjutnya, para peneliti membandingkan semua itu dengan tes IQ yang telah dilakukan saat subjek masih berusia 11 tahun. Pasalnya, pada saat yang sama, hampir semua anak-anak Skotlandia menyelesaikan sesuatu yang disebut survei mental Skotlandia.

Hasilnya, subyek yang memiliki pekerjaan di mana mereka harus menganalisis dan mengambil data seperti matematika dan insinyur sipil, menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih baik pada usia 70.

Hal yang sama terjadi pada orang-orang yang bekerja pada tugas-tugas yang rumit dengan orang-orang, seperti mentoring, konseling, pelatihan atau negosiasi. Hakim, pekerja sosial dan petugas percobaan juga termasuk di dalamnya.

Studi-studi lain telah mencapai kesimpulan yang sama, yakni gunakan otak Anda atau mulai kehilangannya. Namun demikian, studi ini menemukan bahwa peserta tampaknya mendapatkan kekuatan otak tambahan setelah mengambil pekerjaan yang lebih kompleks. Terlihat dari perbedaan fungsi kognitif kecil, sekitar 1% -2%, namun memiliki arti yang signifikan.

Sumber: Wartakesehatan

0 Response to "Pekerjaan Ini Bikin Otak Tetap Sehat Sampai Usia Lanjut"

Posting Komentar