Inillah Penyakit yang Timbul Akibat Begadang


intriknews.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia, karna tidur merupakan proses alami dimana dalam tidur tubuh akan terrelaksi yang berguna untuk pemulihkan kondisi setelah seharian ber aktifitas.
,
Kurangnya tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Salah satunya adalah penyakit jantung dan obesitas. Dilansir Boldsky, berikut penjelasan terkait akibat kurang tidur.

Mempengaruhi kesehatan jantung

Gangguan jantung terkait penyakit kardiovaskular cukup umum dengan orang-orang yang mengalami kurang tidur. Kurang tidur selama sehari dapat meningkatkan tekanan darah pasien hingga akhirnya menderita hipertensi.

Obesitas

Masalah umum lainnya yang terkait dengan kurang tidur yaitu kenaikan berat badan (obesitas). Banyak aktivitas hormonal terjadi saat seseorang sedang tidur. Namun, jika seseorang kurang tidur, hormon stres kadar kortisol akan meningkat dan tingkat leptin menurun.

Stres pada larut malam, seringkali membuat Anda mengidam makanan. Itu memicu diabetes tipe-2. itulah mengapa kurang tidur dapat menyebabkan diabetes.

Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh

Ada banyak penyakit kronis yang disebabkan karena kurang tidur. Namun, faktor penting ini sering terjadi salah paham. Kekebalan tubuh yang menipis banyak menimbulkan penyakit serta kurang tidur, sekaligus menurunkan kadar imunitas.

Selain itu, kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh dan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi virus seperti pilek, flu, demam, dan lain-lain.

Menganggu kehidupan seksual

Kurang tidur dapat membuat Anda letih dan menimbulkan beberapa penyakit. Parahnya berdampak pada hubungan seksual Anda. Anda menjadi tidak bergairah dan mudah lelah. Dampak lainnya bisa berakhir pada pertengkaran dalam rumah tangga.

Masalah kulit

Gangguan kulit disebabkan zat kortisol akibat kurang tidur. Kortisol memecah kulit protein-kolagen yang menjaga kulit tetap halus. Beberapa malam tanpa tidur yang cukup untuk memberikan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Kondisi kurang tidur dalam tingkat parah (kronis) bisa menyebabkan kulit kering dan keriput terlepas dari usia yang seharusnya.

Makan tak teratur
Makan tak teratur juga merupakan suatu kebiasaan buruk yang ditimbulkan akibat kurang tidur. Tubuh kita membutuhkan energi pada waktu tertentu. Terlepas dari kenaikan berat badan, kebiasaan makan sebelum waktunya berfluktuasi tingkat hormon.

Gangguan kognitif

Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Kurangnya konsentrasi, kemampuan nalar berkurang, dan memori penglihatan menurun.

Sumber: Wartakesehatan

0 Response to "Inillah Penyakit yang Timbul Akibat Begadang"

Posting Komentar