Penjaga pantai Turki selamatkan 97 pengungsi Suriah yang hampir tenggelam


SURIAH – Penjaga pantai Turki menyelamatkan 97 pengungsi Suriah di lepas pantai barat laut provinsi Canakkale pada Rabu (30/9/2015) ketika perahu kecil mereka, yang dirancang hanya untuk menampung 20 orang, mulai tenggelam, ungkap sumber-sumber resmi Turki, sebagaimana dilansir World Bulletin.

Mereka yang diselamatkan adalah 96 orang Suriah dan seorang pria Kongo.

Insiden itu terjadi di distrik Ayvacik ketika perahu itu menuju ke pulau Lesbos Yunani.

Ketika perahu mulai dipenuhi air, pengungsi telah berteriak kepada penjaga pantai untuk meminta pertolongan.

“Tim penyelamat telah membawa para pengungsi itu ke kota Kucukkuyu dan memberi mereka pakaian dan makanan,” lapor kantor berita Turki Anadolu Agency.

Dua wanita yang pingsan selama perjalanan berbahaya itu juga diberikan perawatan medis.

Pada Senin (28/9), pihak Gubernur Izmir Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada lebih dari 3.500 pengungsi yang diselamatkan dari Laut Aegea selama 10 hari terakhir.

Menurut pernyataan itu, otoritas Turki melakukan 134 operasi pencarian dan penyelamatan antara tanggal 18 dan 28 September, dan juga menahan delapan pelaku perdagangan manusia.

Secara keseluruhan, 54.255 pengungsi telah diselamatkan dari Laut Aegea sejauh ini, sementara 116 mayat telah ditemukan dan 69 pelaku perdagangan manusia ditangkap sejak tanggal 1 Januari tahun ini, pernyataan tersebut menambahkan. (Arrahmah.com)




0 Response to "Penjaga pantai Turki selamatkan 97 pengungsi Suriah yang hampir tenggelam"

Posting Komentar