7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Ketika Menyikat Gigi

Cara Sikat Gigi
Foto: Howstuffworks

intriknews.com -  Tanpa disadari, kebiasaan yang salah saat membersihkan mulut bisa berpotensi merusak gigi. Tariq Idrees, dokter gigi dan pemilik Carisbrook Dental Clinic di Manchester, mendaftar sejumlah kesalahan yang sebaiknya Anda hindari saat menyikat gigi.

Waktu yang salah

Jangan langsung menyikat gigi setelah makan jeruk atau buah yang asam. Tunggu selama 30 menit agar asam ternetralisir untuk mencegah kerusakan pada enamel gigi.

Sikat gigi yang salah

Sikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan keausan berlebih dan resesi gusi. Sikat gigi listrik bisa efektif dan tidak berbahaya, namun pastikan Anda melakukanya dengan teknik yang tepat.

Pasta gigi yang salah

Pasta gigi pemutih bisa bersifat abrasif dengan kandungan tinggi bikarbonat. Pasta gigi tanpa fluoride juga tidak direkomendasikan karena lebih berpotensi mengembangkan kerusakan gigi.

Menyikat terlalu cepat

Survei menunjukkan bahwa sebanyak 43 persen orang dewasa rata-rata hanya menyikat gigi selama 45 detik. Para pakar menyebutnya kurang cukup dan Anda dianjurkan membersihkan gigi setidaknya selama dua menit.

Menyikat terlalu keras

Menggosok gigi terlalu keras dapat membahayakan gigi. Anda juga dianjurkan tidak melewatkan satu bagian pun dan menyikat gigi dalam gerakan melingkar, bukan dari sisi ke sisi.

Kumur terlalu cepat

Berkumur dengan air bersih setelah menyikat gigi sebaiknya tidak dilakukan terlalu cepat. Diamkan sejenak setelah menyikat gigi agar fluoride tidak lekas hilang dan akhirnya meminimalkan efektivitas pasta gigi Anda.

Obat kumur berlebih

Menggunakan obat kumur sesudah menyikat gigi bisa memaksimalkan kebersihan mulur. Namun, jangan menggunakannya berlebihan karena bisa memicu risiko kesehatan dan mengembangkan kanker mulut, dilansir dari Daily Mail.

Sumber: Republika

0 Response to "7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Ketika Menyikat Gigi"

Posting Komentar